Harga dan Spesifikasi Samsung A72 yang Membanggakan

Harga dan Spesifikasi Samsung A72 yang Membanggakan

Kepopedia, Samsung A72 merupakan salah satu ponsel cerdas terbaru yang dihadirkan oleh Samsung pada tahun 2021. Secara umum, ponsel ini cukup populer di kalangan pengguna smartphone yang menginginkan performa mumpuni dan fitur-fitur lengkap. Namun, begitu tersiar kabar mengenai harga Samsung A72 di pasaran, ternyata banyak orang yang merasa kecewa dan menyesalkan harga yang ditawarkan oleh produsen ponsel asal Korea Selatan tersebut.

Harga Samsung A72 di Pasaran

Sebagai informasi, harga Samsung A72 di pasaran adalah sekitar 6,5 juta Rupiah. Harga tersebut tentu saja tergolong mahal jika dibandingkan dengan smartphone Samsung seri A lainnya, seperti Samsung A52 atau Samsung A32 yang hanya dibandrol dengan harga sekitar 4 jutaan saja.

Perbandingan Harga Samsung A72 dengan Smartphone Sekelasnya

Bagaimana dengan perbandingan harga Samsung A72 dengan smartphone sekelasnya? Secara umum, Samsung A72 dikategorikan sebagai ponsel kelas menengah ke atas atau biasa disebut mid-range smartphone. Jika dilihat dari segi harga, ada beberapa ponsel sekelas Samsung A72 yang memang dibandrol dengan harga lebih murah, seperti Xiaomi Poco X3 NFC, Realme X7, atau Oppo Reno5 4G. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa Samsung A72 memiliki keunggulan dalam beberapa aspek, seperti baterai yang lebih besar, kamera yang lebih baik, dan sebagainya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Samsung A72

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga Samsung A72 di pasaran. Pertama, tentu saja kualitas bahan yang digunakan. Samsung A72 dibuat dengan material yang berkualitas, seperti kaca Gorilla Glass 5 dan aluminium. Kedua, fitur-fitur yang disematkan pada ponsel ini juga mempengaruhi harga yang ditawarkan. Samsung A72 dilengkapi dengan layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, quad rear camera dengan kualitas kamera utama 64MP, baterai 5.000mAh, dan sebagainya.

Jadi, meskipun harga Samsung A72 terbilang kontroversial, namun hal tersebut cukup wajar mengingat fitur dan spesifikasi yang disematkan pada ponsel ini memang cukup mumpuni dan berkualitas. Bagi kamu yang sedang mencari smartphone kelas menengah ke atas, Samsung A72 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Spesifikasi Layar Samsung A72

Ukuran Layar Samsung A72: Lebih Besar dari Pendahulunya

Bagaimana ukuran layar Samsung A72 membedakan dari pendahulunya?

Samsung A72 adalah salah satu ponsel terbaru dari produsen Samsung yang dilengkapi dengan layar Super AMOLED seluas 6.7 inci. Ukuran layar ini lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung A71 yang hanya memiliki ukuran layar 6.7 inci. Ukuran layar yang lebih besar akan membuat pengguna dapat menikmati berbagai konten multimedia dengan kualitas yang lebih baik. Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan refresh rate 90Hz, sehingga gambar yang ditampilkan pada layar akan terlihat lebih mulus dan responsif.

Resolusi Layar Samsung A72: Jaminan Kualitas Gambar yang Tinggi

Apa saja resolusi layar Samsung A72?

Resolusi layar Samsung A72 sudah cukup tinggi, yaitu mencapai 1080 x 2400 piksel. Resolusi yang tinggi ini akan memberikan kejernihan dan ketajaman gambar yang lebih baik. Selain itu, layar Samsung A72 juga memiliki kecerahan layar yang sangat baik, mencapai 800 nits. Dengan kecerahan layar sebesar itu, pengguna dapat menikmati konten multimedia di luar ruangan dengan kualitas yang tetap terjaga.

Teknologi Layar Samsung A72: Super AMOLED Plus

Apa itu teknologi Super AMOLED Plus pada Samsung A72?

Samsung A72 menggunakan teknologi layar Super AMOLED Plus. Teknologi Super AMOLED Plus memungkinkan pengguna untuk menikmati konten multimedia dengan kualitas gambar yang sangat baik. Layar yang dihasilkan oleh teknologi ini memiliki tingkat refresh yang tinggi, sehingga tampilan gambar sangat responsif. Selain itu, teknologi Super AMOLED Plus juga memungkinkan layar dapat menghasilkan warna yang lebih akurat, sehingga pengguna dapat menikmati warna yang lebih nyata dan hidup pada layar Samsung A72.

Spesifikasi Kamera Samsung A72

Jenis dan Keunggulan Kamera Samsung A72

Bagi para penggemar fotografi, Samsung A72 adalah salah satu smartphone yang cukup dinanti. Terlebih karena fitur kamera utamanya yang memiliki resolusi besar.

Jenis Kamera yang Dimiliki Samsung A72

Samsung A72 dilengkapi dengan empat jenis kamera di bagian belakang, yakni kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), kamera makro 5 MP (f/2.4) dan kamera tele 8 MP (f/2.4). Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 32 MP (f/2.2).

Resolusi Kamera Utama Samsung A72

Kamera utama Samsung A72 memiliki resolusi 64 MP. Resolusi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan detail yang sangat baik, bahkan saat memotret objek dari jarak jauh.

Fitur-fitur Kamera Samsung A72

Tidak hanya berkutat pada jumlah kamera, Samsung A72 juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti OIS (Optical Image Stabilization), PDAF (Phase Detection Autofocus), LED flash, dan panorama mode. Selain itu, kamera depannya juga dilengkapi dengan fitur HDR, panorama, dan dual video call.

Dari penggalan-penggalan spesifikasi kamera di atas, Samsung A72 memang layak menjadi bahan pertimbangan bagi mereka yang ingin membeli smartphone dengan kemampuan fotografi yang mumpuni. Meskipun beberapa ponsel lain mungkin memiliki kamera dengan resolusi yang sama atau bahkan lebih tinggi, namun Samsung A72 tetap unggul dengan berbagai fitur dan teknologi terbarunya.

Kapasitas Baterai Samsung A72

Kapasitas Baterai Samsung A72: Kuat atau Tidak?

Apakah Anda mencari smartphone dengan baterai yang kuat untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda? Jika iya, maka Samsung A72 mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, Samsung A72 dipromosikan sebagai smartphone dengan daya tahan baterai yang lama.

Jenis Baterai Samsung A72

Baterai Samsung A72 didesain untuk menciptakan daya tahan yang lebih lama. Samsung menggunakan jenis baterai Lithium Polymer (Li-Po) yang lebih tahan terhadap suhu dan dapat menahan daya lebih lama dibandingkan jenis baterai lainnya. Jenis baterai inilah yang membuat Samsung A72 memiliki performa yang lebih baik dan daya tahan yang lama.

Lama Waktu Penggunaan Baterai Samsung A72

Dengan kapasitas baterai yang besar, Samsung A72 dapat bertahan hingga sekitar 2 hari dengan penggunaan normal dan sekitar 1,5 hari dengan penggunaan yang cukup intensif. Satu hal yang perlu diingat, lama waktu penggunaan baterai Samsung A72 tergantung dari pengaturan daya dan penggunaan aplikasi.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh beberapa sumber, didapatkan hasil bahwa daya tahan baterai Samsung A72 cukup memuaskan. Dengan penggunaan normal, baterai mampu bertahan lebih dari 20 jam dan dengan penggunaan intensif dapat bertahan lebih dari 12 jam.

Dalam kesimpulannya, Samsung A72 menawarkan kapasitas baterai yang kuat dan daya tahan baterai yang lama. Dengan desain baterai Lithium Polymer, Samsung A72 mampu memberikan performa yang lebih baik dan menjaga daya tahan baterai yang lebih lama. Jadi, bagi Anda yang mencari smartphone dengan baterai yang kuat dan mampu menemani Anda sehari-hari, Samsung A72 adalah pilihan yang tepat.

Performa Samsung A72

Apakah Performa Samsung A72 sebanding dengan harganya?

Sebagai pabrikan teknologi terkemuka, Samsung selalu membekali produknya dengan performa yang mumpuni. Namun, apakah demikian pula dengan Samsung A72? Mari kita lihat secara detail tentang Processor, Kapasitas RAM, dan Kapasitas ROM pada Samsung A72.

Processor yang digunakan pada Samsung A72

Samsung A72 didukung oleh Prosessor Snapdragon 720G yang cukup handal dan mampu memberikan performa yang baik. Processor ini juga memungkinkan multitasking tanpa hambatan dan menjalankan aplikasi berat seperti game dengan lancar.

Kapasitas RAM Samsung A72

Kapasitas RAM pada Samsung A72 sangat memadai, dengan kapasitas sebesar 8 GB. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak aplikasi dan game dengan lancar, serta melakukan multitasking tanpa hambatan.

Kapasitas ROM Samsung A72

Untuk penyimpanan data, Samsung A72 memiliki kapasitas ROM sebesar 128GB. Kapasitas ini sudah cukup besar dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak foto, video, atau file lainnya tanpa perlu khawatir kehabisan ruang.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Performa Samsung A72 mampu memberikan performa yang cukup baik dan sebanding dengan harganya. Dengan Processor yang handal, Kapasitas RAM dan ROM yang memadai, Samsung A72 layak menjadi pilihan bagi Anda yang mencari smartphone dengan kinerja yang baik.

Desain dan Tampilan Samsung A72

Kenapa Desain dan Tampilan Samsung A72 Menarik Perhatian?

Perkembangan teknologi mendorong produsen smartphone untuk terus memperbarui desain dan tampilan pada produk mereka. Salah satu produsen terkemuka, Samsung, telah meluncurkan Samsung A72 dengan desain bodi yang menarik. Pertanyaannya, apa yang membuat desain dan tampilan Samsung A72 menarik?

Desain Bodi Samsung A72

Desain bodi Samsung A72 menawarkan pengalaman yang elegan dan premium. Bodinya memiliki dimensi yang ramping dan ergonomis sehingga mudah digenggam dan nyaman digunakan dalam waktu lama. Pembatasan bezel pada layar juga membuat Desain Samsung A72 menjadi lebih modern dan elegan.

Warna yang Tersedia pada Samsung A72

Produk Samsung A72 tersedia dalam beberapa warna menarik, seperti Awesome Violet, Black, dan White. Warna Awesome Violet merupakan warna yang unik dan menarik perhatian. Sedangkan warna Black dan White memiliki kesan yang elegan dan timeless.

Material yang Digunakan pada Samsung A72

Komponen material bodi Samsung A72 dibuat dengan kualitas premium. Material pada bagian belakang dan frame terbuat dari bahan kaca dan plastik tahan lama. Tidak hanya itu, bahan ini juga memberikan tekstur dan pola yang unik dan menarik untuk memperkaya pengalaman pengguna. Nota bene, material bodi tersebut mudah disamakan dengan Samsung Galaxy A52.

Kesimpulannya, Samsung A72 hadir dengan desain bodi yang elegan, tampilan modern, serta material yang berkualitas dan menarik. Menjadikan smartphone ini patut untuk dipertimbangkan bagi konsumen yang menginginkan pengalaman premium dengan harga yang terjangkau.

Apakah Samsung A72 Menyediakan Fitur Keamanan yang Aman dan Handal?

Saat ini, keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih smartphone. Dengan begitu banyak informasi yang disimpan di telepon genggam, penting untuk memastikan bahwa data pribadi dan informasi penting terlindungi dari peretas atau aplikasi berbahaya. Oleh karena itu, pertanyaannya adalah, apakah Samsung A72 menyediakan fitur keamanan yang handal?

Sensor yang Digunakan pada Samsung A72

Sebagai langkah awal, Samsung A72 dilengkapi dengan sensor sidik jari. Sensor ini ditempatkan di layar, sehingga Anda dapat dengan mudah membuka kunci telepon hanya dengan menempatkan jari pada layar. Selain itu, ada juga pengenalan wajah yang dapat digunakan sebagai opsi untuk membuka kunci telepon.

Fitur Keamanan yang Tersedia pada Samsung A72

Fitur keamanan yang tersedia pada Samsung A72 mencakup Secure Folder, Knox, serta pembaruan yang rutin. Secure Folder memungkinkan Anda untuk menyimpan file penting dan informasi pribadi dengan aman. Knox, di sisi lain, adalah platform keamanan Samsung yang dirancang untuk melindungi data perusahaan dan pribadi di perangkat Samsung. Di samping itu, Samsung A72 secara rutin menerima pembaruan keamanan untuk melindungi perangkat dari ancaman keamanan terbaru.

Penggunaan Teknologi Keamanan pada Samsung A72

Menariknya, Samsung A72 dilengkapi dengan teknologi keamanan yang inovatif seperti Galeri yang Terkunci. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan foto dan video di Folder Aman yang dapat dibuka dengan sidik jari atau kode PIN. Selain itu, Samsung A72 juga memiliki mode Privasi Ganda, sehingga Anda dapat menyalakan dua akun pada aplikasi yang sama dengan keamanan yang terpisah.

Dalam keseluruhan, Samsung A72 telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang sangat mengesankan. Ini termasuk beragam sensor seperti sensor sidik jari dan pengenalan wajah, fitur keamanan seperti Secure Folder, Knox, Galeri yang Terkunci, serta pembaruan keamanan rutin. Jadi, jika Anda mencari smartphone yang aman dan handal, Samsung A72 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kompatibilitas Jaringan Samsung A72

Kompatibilitas Jaringan Samsung A72: Apakah Terbaik Untuk Anda?

Apakah Anda sedang mencari ponsel Samsung yang dapat mendukung akses internet cepat dan bebas hambatan? Jika iya maka Anda mungkin harus mempertimbangkan Samsung A72 sebagai pilihan terbaik Anda. Dalam artikel ini, Anda akan memahami lebih lanjut tentang jaringan yang didukung oleh Samsung A72, teknologi jaringan yang digunakan, dan kecepatan jaringan yang dapat dicapai.

Jaringan yang Didukung pada Samsung A72

Samsung A72 mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G. Artinya, Anda dapat menggunakan ponsel ini pada sebagian besar operator seluler di Indonesia. Tidak hanya itu, Samsung A72 juga dilengkapi dengan fitur dual-SIM yang memungkinkan Anda terhubung dengan dua operator seluler yang berbeda dalam satu ponsel. Dengan begitu, Anda dapat menghindari biaya roaming saat bepergian ke luar negeri.

Teknologi Jaringan yang Digunakan pada Samsung A72

Untuk memberikan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil, Samsung A72 menggunakan teknologi jaringan terbaru seperti 4G LTE dan 5G. Teknologi jaringan ini mampu memberikan kecepatan unduh dan unggah data dengan sangat cepat. Bahkan, Samsung A72 mendukung teknologi Wi-Fi 6 untuk memberikan kecepatan lebih tinggi dan koneksi internet yang lebih stabil saat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Kecepatan Jaringan yang Bisa Dicapai pada Samsung A72

Dengan mengadopsi teknologi jaringan terbaru dan mendukung jaringan 5G, Samsung A72 mampu memberikan kecepatan internet hingga 2Gbps saat menggunakan jaringan 5G. Bahkan pada jaringan 4G LTE saja, kecepatan internet yang dihasilkan masih sangat memuaskan dengan unduh hingga 1Gbps dan unggah hingga 150Mbps. Selain itu, teknologi Wi-Fi 6 yang digunakan pada Samsung A72 dapat memberikan kecepatan internet hingga 9.6Gbps.

Jelas bahwa Samsung A72 merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkan koneksi internet yang cepat, stabil, dan mendukung teknologi jaringan terbaru. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih Samsung A72 sebagai pilihan ponsel pintar Anda.

Samsung A72

Apakah Sistem Operasi Samsung A72 Layak Dipertimbangkan?

Samsung A72 hadir sebagai smartphone terbaru dari Samsung yang dilengkapi dengan beberapa fitur dan spesifikasi yang canggih. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan pada Samsung A72. Namun, apakah sistem operasi Samsung A72 layak dipertimbangkan? Mari kita lihat lebih dekat.

Sistem Operasi yang Digunakan pada Samsung A72

Samsung A72 menggunakan sistem operasi Android 11 dan antarmuka pengguna One UI 3.1. Dikembangkan oleh Google, Android 11 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur terbaru dan meningkatkan kinerja perangkat. Sementara itu, One UI 3.1 adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Samsung untuk memperbaiki tampilan layar dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Program Bawaan yang Dimiliki Samsung A72

Samsung A72 juga dilengkapi dengan program bawaan yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Beberapa program bawaan yang dimiliki Samsung A72 antara lain Samsung Health, Samsung Pay, dan Samsung Members. Samsung Health membantu pengguna untuk mengukur tingkat kesehatannya, sedangkan Samsung Pay memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan smartphone mereka. Samsung Members, di sisi lain, memberikan akses kepada pengguna untuk mengetahui informasi terbaru tentang produk-produk Samsung dan memperoleh dukungan teknis dari Samsung.

Kemampuan yang Dimiliki Sistem Operasi Samsung A72

Android 11 dan One UI 3.1 memberikan beberapa kemampuan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Samsung A72. Salah satu kemampuan yang menarik perhatian adalah mode malam dan kontrol volume. Mode malam memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan layar di malam hari agar tidak terlalu cerah dan mengganggu mata. Sementara itu, kontrol volume memungkinkan pengguna untuk mengatur volume terpisah untuk aplikasi yang berbeda-beda. Selain itu, Sistem Operasi Samsung A72 juga mendukung pembaruan sistem operasi yang dilakukan secara otomatis dalam latar belakang sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kinerja perangkat.

Kesimpulan

Samsung A72 hadir dengan sistem operasi dan program bawaan yang mumpuni untuk membantu pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan kemampuan yang dimilikinya, sistem operasi Samsung A72 layak dipertimbangkan oleh mereka yang mencari smartphone baru dengan fitur dan spesifikasi yang canggih.

Kesimpulan Samsung A72

Kesimpulan Samsung A72: Apakah Worth It?

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat persaingan dalam dunia smartphone terus meningkat. Tak terkecuali dengan seri Samsung Galaxy A72 ini yang menawarkan berbagai fitur menarik dan spesifikasi yang canggih. Namun, apakah Samsung A72 ini worth it untuk dibeli?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A72

Tentu saja, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung A72:

  • Kelebihan: Layar Super AMOLED yang tajam dan jernih, baterai besar 5,000 mAh, performa yang cepat dan responsif, empat kamera yang canggih, serta fitur-fitur lain seperti IP67 water resistant.
  • Kekurangan: Desain yang terkesan monoton, tidak adanya stereo speaker, dan fitur-fitur mahal seperti 5G hanya tersedia pada varian tertentu.

Kesimpulan dari Seluruh Spesifikasi dan Fitur Samsung A72

Melihat dari seluruh spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh Samsung A72, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini cukup tangguh dan canggih. Dari performa, baterai, hingga kamera, semuanya dijaga dengan baik oleh Samsung. Meskipun ada beberapa kekurangan yang dimiliki, namun hal tersebut umumnya mudah dimaafkan.

Rekomendasi untuk Membeli atau Tidak Membeli Samsung A72

Bagi kamu yang sedang mencari smartphone dengan fitur canggih dan tangguh, Samsung A72 sangat layak untuk dipertimbangkan. Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah dapat memiliki sebuah smartphone yang mumpuni dan siap mendukung kebutuhan kamu sehari-hari.

Namun, jika kamu mengutamakan desain yang lebih fresh atau fitur-fitur utama seperti 5G, mungkin ada baiknya untuk mempertimbangkan varian lain dari seri Samsung Galaxy.

Jadi, apakah Samsung A72 worth it untuk dibeli? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu sendiri.